KEMBANGKAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DAN ASSET, BPU UNG STUDI BANDING KE BPPU UPI

Oleh: Rizki Aditya Mohamad . 14 Februari 2020 . 16:00:00

 

Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Gorontalo (BPU UNG) melakukan kunjungan studi banding ke Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha Universitas Pendidikan Indonesia (BPPU UPI). Hal ini terkait dengan rencana BPU UNG untuk mengembangkan pengelolaan Sistem Informasi dan Asset Universitas.

“Kami melakukan kunjungan ke BPPU UPI dengan tujuan studi banding, mencari informasi dan data terkait rencana kami ingin mengembangkan pengelolaan sistem informasi dan pengelolaan asset UNG kearah yang lebih baik. Karena BPPU UPI itu sendiri sudah menerapkan sistem PTNBH dan BLU, yang telah memiliki berbagai usaha dan income generating yang besar” ujar Sekretaris Eksekutif BPU UNG, Isharyanti N Sulila, M.Pd

Dari hasil sharing ini, lanjut Isharyanti, kami mendapat beberapa informasi penting yang kiranya dapat digunakan sebagai acuan dan bahan pertimbangan untuk BPU-UNG menentukan rencana kerja dan program baik jangka pendek maupun menengah, terutama untuk mencapai income generate yang signifikan. Oleh karena itulah rencana pengembangan sistem informasi dan pengelolaa asset itu harus disusun secara matang dan komprehensif.

“Setelah kami lihat langsung BPPU UPI ini sangat baik, dimana BPPU UPI kedudukannya setara direktorat atau biro yang bertugas membantu pimpinan universitas dalam mengatur usaha dan hasil usaha, sumbangan, hibah, maupun bentuk lainnya serta mengoordinasikannya dengan level bawah sehingga sesuai dengan ketentuan universitas. BPPU UPI juga berfungsi sebagai penyedia informasi bidang pengelolaan usaha, dana abadi, sumbangan, hibah, maupun dana lainnya di UPI dalam rangka membantu proses pengambilan keputusan pimpinan universitas,” ungkap Isharyanti.

“Banyak hal yang bisa diadopsi oleh BPU UNG. Contohnya Sistem Informasi Keuangan yang digunakan untuk administrasi Income Generating Unit adalah dengan menggunakan aplikasi tersendiri berbasis web, yaitu Sistem Infomasi Manajemen Pelaporan Usaha Lembaga (SIMPUL) dan SIMPEL. Aplikasi ini digunakan untuk mencatat dan merekan setiap bentuk kerjasama kelembagaan baik ditingkat universitas maupun unit agar dapat dikelola secara terpusat untuk kebutuhan manajemen pengelolaan dan pengembangan usaha UPI. SIMPUL digunakan untuk sistem pendapatan IGU UPI, sementara SIMPEL untuk sistem pendapatan kerjasama akademik dan kepakaran UPI. Pengelolaan aplikasi ini dikoordinasikan dengan BPPU UPI, sementara operatornya adalah seluruh unit di universitas,” tutup Isharyanti.

 

Agenda

12 Februari - 04 Maret 2024

Pemilihan Mitra Kerjasama Usaha

Pemilihan Mitra Kerjasama Usaha Jasa Penyediaan Sewa Kendaraan Operasional Roda 4 pada Unit Usaha UNG Travel & Transport BPU UNG

11 - 28 April 2022

Pemilihan Mitra Kerjasama

Pemilihan Mitra Kerjasama untuk pengelolaan unit usaha BPU